Perjalanan ke Sajingan Besar, Sambas bersama tim BALITBANG KEMENPUPERA

Home / Galeri / Perjalanan ke Sajingan Besar, Sambas bersama tim BALITBANG KEMENPUPERA
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
pemandangan sajingan besar
Pemandangan di perjalan ke sajingan besar

Perjalanan kami kali ini merupakan salah satu dari perjalanan panjang hingga ujung perbatasan negera Indonesia dengan Malaysia, tepatnya di Desa Aruk, kecamatan Sajingan besar, Kabupaten Sambas.

 

Bersama dengan tim BALITBANG KEMENPUPERA dari Jakarta yang melaukan kegiatan monitoring dan evaluasi untuk sebuah irigasi di sebuah dusun yang ada di Kecamatan Sajingan Besar, yang berfungsi untuk pengairan beberapa hektar petak sawah petani.

tugu perbatasan aruk indonesia malaysia
Tugu di perbatasan Aruk

Perjalanan selama 4 hari terasa sangat mengesankan karena disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan mengesankan, meskipun dicampur dengan kondisi jalan masih separuh beraspal dan separuh masih dalam pengerjaan pelebaran dan perbaikan.

 

Pada perjalanan dihari pertama yaitu pada tanggal 11 April 2016 kami menginap di Hotel Sambas Terigas, sebuah hotel yang berada di pusat kota Sambas, tidak lupa untuk mencicipi makanan kuliner khas Sambas yaitu Bubur Padas yang sangat menggoda. Dihari kedua barulah kami melanjutkan perjalanan untuk tujuan utama di kecamatan Sajingan Besar, dengan menggunakan jasa rental mobil pontianak yang sudah berpengalaman akhirnya kami sampai ke tujuan sesuai dengan waktu yang direncanakan, dan pada malam kedua iniĀ  kami menginap di sebuah penginapan di Desa Aruk tidak jauh dari border pintu masuk perbatasan dengan Malaysia, tapi maaf penulis lupa nama hotel penginapannya.

jalan sajingan besar
Kondisi jalan dalam pengerjaan

Setelah pekerjaan selesai hari selanjutnya yaitu hari ke tiga untuk kembali ke Kota Sambas untuk sejenak berisitarahat semalam sebelum melanjutkan ke kota Pontianak ke esokan harinya, pada malam ini kami kembali menginap di Hotel Sambas Terigas dan juga di kamar yang sama dengan sebelumnya.

Pada kesempatan kali ini tentunya tidak sah jika belum menjajaki beberapa tempat wisata yang ada di kota Sambas, salah satunya yaitu wisata di temmpat peninggalan sejarah Keraton Kerajaan Sambas dan juga merasakanĀ  makan di Rumah Makan Melayu yang sudah terkenal yaitu RM. Sattim yang letaknya tidak jauh dari hotel tempat kami menginap.

keraton sambas
Di keraton Sambas

Perjalanan hari terakhir yaitu pada tanggal 14 April 2016 kami beserta tim melakukan perjalanan kembali ke kota Pontianak, tidak lupa untuk singgah sejenak di Kota Singkawang merasakan makanan ikan bakar yang sudah terkenal yang ada di Kuala Singkawang, setelah itu kembali melanjutkan perjalanan hingga tiba di Kota Pontianak.

Perjalanan mengesankan bersama anggota tim yang gaul dan bersahabat, sampai bertemu kembali dilain waktu dan kesempatan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.