Studi Banding BKD Provinsi Bali #17-18Desember2015

Home / Galeri / Studi Banding BKD Provinsi Bali #17-18Desember2015
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Perjalanan kami kali ini bersama dengan Tim Studi banding dari BKD Propinsi Bali di Pontianak ke kampus IPDN Kuburaya yang ada di Jalan Trans Kalimantan, selama dua hari yaitu Kamis dan Jum’at 17 – 18 Desember 2015 kami menemani kegiatan beliau selama di Pontianak.

 

Seperti biasa selepas kegiatan utama tidak lupa kami mengantarkan Tamu spesial kami untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Pontianak, salah satunya yang menjadi ikon kota Pontianak yaitu Equator Monument atau biasa disebut Tugu Khatulistiwa,  ya… tugu yang merupakan titik nol derajat garis khatulistiwa mengelilingi bumi hanya di Pontianak yang tepat berada di Kota, dengan kata  lain garis khatulistiwa melewati beberapa negara namun hanya di Indonesia tepatnya di kota Pontianak yang benar-benar berada di Kota yang lebih mudah untuk mengakses dan mengamati kulminasi matahari saat hilang bayangan dalam beberapa menit dalam kurun waktu 2 kali dalam setahun.

tugu khatulistiwa, equator monument,

tugu khatulistiwa, equator monument,

Dari Tugu Khatulistiwa kemudian perjalan kami lanjutkan ke Aloevera Center, yaitu sentra pengolahan tanaman lidah buaya, tanaman lidah buaya adalah tanaman khas dari Kota Pontianak yang banyak ditanam oleh petani lokal untuk industri makanan maupun kosmetik di Indonesia.

aloevera centre, lidah buaya,
Salah satu tanaman Lidah Buaya

 

Dari Aloevera Center perjalanan kemudian dilanjutkan menuju ke Keraton Kadriyah Kesultanan Pontianak, dimana pada saat kami mengunjungi Keraton Sultan sedang berada di Istana dan bisa berfoto bersama Tamu Spesial yang datang jauh dari Denpasar Bali.

keraton kadriyah pontianak

 

keraton kadriyah pontianak, sultan pontianak,
Bersama dengan Sultan Syarif Abu Bakar Alqadrie

 

Dari Istana Keraton Kadriyah kemudian perjalanan kami lanjutkan ke Rumah Radakng atau Rumah Panjang, yaitu rumah Adat suku Dayak di Kalimantan Barat yang ada di KotaBaru Pontianak, yaitu replika dari Rumah Panjang yang Aslinya.

tangga rumah radakng
Tangga Rumah Radakng

 

Perjalanan kemudian kami lanjutkan melewati jalan Tanjung Pura melihat arsitektur Pasar pertama di Pontianak yang sudah dibangun sejak Zaman Koloni Belanda, yang kemudian menyandarkan ke Pelabuhan bersejarah di Pontianak yaitu Pelabuhan Senghi, dimana pelabuhan ini adalah pelabuhan tempat bersandarnya kapal-kapal kecil baik kapal penumpang maupun kapal barang yang menghubungkan antar kecamatan dan kabupaten di Kalimantan Barat melalui jalur Sungai Kapuas. Dari pelabuhan Senghi ini juga bisa melihat Masjid Jami’ Sultan Syarif Abdurachman keraton Pontianak di seberangnya.

 

pelabuhan senghi tepi sungai kapuas
di Pelabuhan Senghi, pinggiran Sungai Kapuas

 

Setelah puas berjalan-jalan mengelilingi kota Pontianak, tidak lengkap rasanya jika tidak mencipi buah musiman yang sedang banyak di kota Pontianak, berhubung saat datang ke Pontianak adalah saat musim nya buah Durian, tentu saja mereka tidak melewatkan kesempatan untuk tidak menikmati buah yang punya aroma khas ini.

durian kalimantan
Makan buah Durian di Jalan Tengku Umar

 

Nah di akhir perjalanan tentu tidak lengkap jika pulang tanpa membawa oleh-oleh,  kami juga menghampiri pusat belanja oleh-oleh khas kalbar di PSP jalan patimura.

 

Senang sekali bisa membantu kelancaran kegiatan beliau selama berada di Pontianak, perjalanan yang sangat mengesankan, sampai jumpa di lain waktu dan kesempatan.  Kami siap menyambut kedatangan Anda dan melancarkan setiap kegiatan Anda.

 

Best Regard

Zhafira Car

Rental Mobil Pontianak

 

Baca juga :

Destinasi Wisata Kalimantan Barat

Pontianak City Tour – Wisata Kota Pontianak

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.