Imlek di Singkawang Mulai Minggu Malam, Inilah Rangkaiannya

Home / berita / Imlek di Singkawang Mulai Minggu Malam, Inilah Rangkaiannya
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
imlek singkawang, imlek pontianak
Source image : Google / indonesia-heritage.net

 

Singkawang adalah salah satu kota di Provinsi Kalimantan Barat, West Borneo yang dikenal dengan kota Amoy, karena banyak penduduk di kota Singkawang adalah keturunan dari Etnis Tionghoa, yang setiap tahunnya merayakan hari raya Tahun Baru Imlek dengan sangat meriah, yang juga tidak hanya diikuti oleh masyarakat etnis Tionghoa saja, melainkan etnis pribumi lainnya seperti Dayak dan Melayu juga ikut memeriahkan Festival yang dibuat setiap tahunnya itu.

Dilansir dari laman kompas.com, Wakil Ketua Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang, Bong Wui Khong, mengatakan, rangkaian kegiatan perayaan Imlek dan Cap Go Meh akan dimulai pada Minggu (7/2), yaitu malam pembukaan pentas seni budaya di Stadion Kridasana.

“Dalam pergelaran ini, kita akan melibatkan belasan sanggar yang ada di kota Singkawang, untuk memperkenalkan seni budaya,” katanya di Singkawang, Jumat.

Kemudian, lanjutnya, pada 20 Februari, akan digelar pawai lampion dengan melibatkan semua unsur. Tanggal 21 Februari menurut tradisi sebelum pawai, para tatung akan melakukan ritual cuci jalan. Tepat pada 22 Februari, yang merupakan puncak perayaan Imlek dan Cap Go Meh, akan digelar pawai tatung.

Menurut informasi yang diterima panitia saat ini, katanya, pada Festival Cap Go Meh nanti akan dihadiri beberapa Menteri, Duta Besar dari Tiongkok. Terkait dengan kehadiran Presiden RI, saat ini pihaknya belum menerima kepastian dari Istana Negara.

Untuk mensukseskan even yang sudah mendunia ini, dia mengharapkan partisipasi semua pihak, sehingga dapat berjalan dengan aman dan sukses.

Secara terpisah, Kapolres Singkawang, AKBP Agus Triatmaja mengatakan, jika pihaknya akan melibatkan sebanyak 734 personil, yang meliputi kepolisian, TNI, dan sipil untuk melakukan pengamanan dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2016.

“Pengamanan ini akan dimulai dari malam pembukaan perayaan Imlek, pawai lampion, ritual cuci jalan, sampai dengan Festival Cap Go Meh 2016,” katanya usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral operasi Liong Kapuas 2016, bersama Pemkot Singkawang, TNI, panitia Imlek dan Cap Go Meh dan Forkopimda.

Pihaknya juga saat ini sudah mengindentifikasi titik-titik rawan yang kemungkinan bisa menjadi potensi terjadinya gangguan Kamtibmas.

“Polres Singkawang sendiri akan mampu melaksanakan pengamanan selama perayaan Imlek dan Cap Go Meh,” tegasnya.

Kepolisian sendiri, katanya, sudah komitmen segala bentuk ancaman, perbuatan atau tindakan yang akan mengganggu akan dilakukan tindakan tegas.

.

.

Nah bagi Anda yang ingin berwisata ke Singkawang untuk melihat kemeriahan Event Imlek di Kota Singkawang, Anda bisa sewa kendaraan Zhafira Car Rental Mobil Pontianak atau juga bisa Carter Mobil dan Driver langsung dari Pontianak Kami siap melayani Anda dengan sepenuh hati.

rental mobil pontianak, sewa mobil pontianak, carter dalam kota pontianak, taxi bandara pontianak, taxi kota pontianak,

Call / Sms / WhatsApp : 085281601752

Call / Sms : 085787946088

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.